Pengangkutan Barang

Memberikan jaminan atas kerugian dan/atau kerusakan atas muatan yang dipertanggungkan.

Ikhtisar
Memberikan jaminan atas kerugian dan/atau kerusakan atas muatan yang dipertanggungkan yang dikarenakan berbagai jenis risiko selama dalam pengiriman untuk keperluan ekspor/impor, antar pulau dan dalam pulau.

Jaminan

JAMINAN DASAR

  1. F.P.A (Free From Particular Average)
    Tidak menjamin kerusakan sebagian atas barang yang diangkut, kecuali alat pengangkutnya mengalami kandas, tenggelam, terbakar atau bertabrakan.
  2. W.A (With Average)
    Menjamin kerusakan atau kerugian yang termasuk kategori F.P.A dan juga yang disebabkan oleh cuaca buruk.
  3. All Risks
    Jaminan terhadap semua risiko dari kehilangan atau kerusakan secara fisik terhadap barang yang disebabkan oleh kejadian-kejadian yang berasal dari luar dan tidak terduga, seperti pencurian, pecah, pengiriman yang tidak sampai, dan lain-lain.

Tersedia pula jaminan atas dasar:

>> ICC (C) 1/1/82 --> F.P.A
>> ICC (B) 1/1/82 --> W.A
>> ICC (A) 1/1/82 --> All Risks

PERLUASAN JAMINAN

  1. Resiko Perang
    Mencakup tidak hanya risiko-risiko yang disebabkan oleh kegiatan perang dan sejenisnya antar Negara, tetapi juga risiko-risiko yang disebabkan oleh gangguan sosial seperti perang sipil, pemberontakan atau revolusi. (Kerusakan yang disebabkan oleh penggunaan senjata nuklir dikecualikan)
  2. Resiko S.R.C.C.
    Institute Strikes, Riots and Civil Commotion Clauses menjamin kehilangan atau kerusakan fisik yang disebabkan oleh pemogokan, penghalangan kerja atau orang-orang yang mengambil bagian dalam gangguan tenaga kerja, kerusuhan atau huru - hara.

Catatan: Suku premi untuk Resiko Perang dan S.R.C.C. mengacu kepada suku premi standard yang dikeluarkan oleh London War Market Rate (dapat berubah sewaktu-waktu).

Pengecualian

  1. Perbuatan sengaja oleh Tertanggung.
  2. Sifat dari barang-barang yang dipertanggungkan.
  3. Pengepakan yang tidak memadai.
  4. Kerugian-kerugian yang umum.
  5. Keterlambatan.
  6. Pengecualian-pengecualian lainnya seperti yang disebutkan dalam polis.